Home » Kesehatan » Penyakit Pada Telinga

Penyakit Pada Telinga


cara mengobati penyakit pada telinga

cara mengobati penyakit pada telinga

Penyakit Pada Telinga – Telinga merupakan salah satu panca indra yang berfungsi sebagai alat keseimbangan bagi manusia. Telinga adalah sebuah organ yang mampu mendeteksi/mengenal suara dan juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Bagian luar merupakan bagian terluar dari telinga. Telinga luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Bagian daun telinga berfungsi untuk membantu mengarahkan suara ke dalam liang telinga dan akhirnya menuju gendang telinga.

Telinga juga dapat mengalami gangguan atau penyakit pendengaran. Gangguan tersebut terjadi akibat adanya infeksi pada telinga (otitis media). Infeksi terjadi karena luka pada kulit atau gendang telinga, kulit gatal mirip eksim atau sampai bernanah . Pada anak balita juga sering mengalami gangguan. Hal ini karena ketidak hati-hatian dalam membersihkan telinga mereka. Berbeda dengan telinga orang dewasa, liang telinga anak-anak lebih dangkal hingga pengorekan yang terlalu dalam menimbulkan iritasi bahkan luka pada telinga.

Berikut merupakan macam macam gangguan atau penyakit pada telinga

Gangguan telinga akibat pencemaran udara

.Gejala awal adanya gangguan pendengaran karena polusi udara ini sering kali tidak dirasakan kecuali telinga berdengung, kemudian dikuti oleh menurunnya pendengaran. Trauma suara ini banyak dialami oleh pekerja pabrik. Kebisingan pabrik aman selama masih dibawah 80 dB. Namun kalau naik 3 dB saja, seseorang sebaiknya beristirahat sejenak setalah bekerja empat jam. Atau bila perlu mengenakan pentup telinga.

Tuli konduksi

Tuli konduksi merupakan gangguan telinga tidak dapat mendengar karena gangguan pada penghantaran getaran suara. Sebab-sebab gangguan ini antara lain:penyumbatan saluran telinga oleh minyak serumen, penebalan atau pecahnya membran timpani, pengapuran pada tulang pendengaran, kekakuan hubungan stapes pada tingkap oval, Tuli saraf yaitu tuli yang disebabkan adanya kerusakan saraf auditori (saraf pendengaran).

Tekanan darah tinggi

Berkurangnya oksigen yang masuk lebih memudahkan sel-sel pendengaran mati. Penderita penyakit darah tinggi, dimana sel-sel pembuluh darah sekitar telinga ikut tegang dan mengeras, juga harus selalu memperhatikan kesehatan telinga

Gizi yang baik, pemakaian kapas pembersih telinga yang tidak berlebihan, pemeriksaan telinga secara rutin adalah salah satu pencegahan dan cara mengatasi penyakit pada telinga. Demikian artikel penyakit pada telinga, Semoga dapat menambah pengetahuan anda.

Penyakit Pada Telinga

Pencarian Penyakit Pada Telinga

Tags: , , , , , , , , ,